Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
MENUMENU
SEKILAS INFO
: - Monday, 21-10-2019
  • 1 minggu yang lalu / Diberitahukan kepada pengunjung website ini bahwasanya website kami belakangan ini lagi terkena masalah, pertama link nya bila diakses yang muncul halaman lain, yang kedua muncul gambar-gambar yang tak betul. Saat ini tim kami sedang pelajari dan perbaiki persoalan tersebut. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.
  • 2 minggu yang lalu / Prof. Dr.Phil.H.M.Nur Kholis Setiawan, MA ( Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI) akan memberi kuliah umum di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Kamis 10 Oktober 2019 direncanakan usai kuliah umum di akan berkunjung keperpustakaan.
Menelusur Naskah Kuno di Perpustakaan Nasional

JAKARTA–Setelah prosesi Penandatangan Nota Kesepakatan selesai dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke STAN Pengembangan Bidang Perpustakaan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI/Sestama Mitra Kerja. Setelah keliling-keling kami ( Dr.Muhammad Faisal,M.Ag dan Unyil,S.Pd) singgah minum di kantin Perpustakaan Lt.1 selanjutnya kami naik ke lantai 9 bagian Naskah yang kami cari adalah naskah yang berasal dari Kepulauan Riau yaitu naskah pulau penyengat dan lingga.

Naskah Gurindam 12

 Kami diajak melihat naskah gurindam 12 Karya raja Ali Haji, Naskah aslinya disimpan Perpustakaan Nasional saat ini kondisinya sudah mulai rusak, dalam upaya penyelamatan sudah dilakukan alih media berbentuk digital.

Naskah gurindam 12 juga sudah dibuat dulikatnya yang disalin ulang oleh Afifuddin yang sama persis dengan aslinya.

Bersama Pak Moh. Kodir, S.Sos, M.Si

Selain Melihat naskah di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat, kami juga ke Gedung Lama Perpustakaan Nasional di Jl. Salemba Raya No. 284 Jakarta Pusat. disan kami menemui Pak Moh. Kodir, S.Sos, M.Si. 

 

Kami mencari informasi terkait naskah pulau penyengat dan lingga, Perpustakaan Nasional sudah melakukan penelusuran terhadap naskah- naskah yang ada di pulau penyengat dan lingga, namun belum semua baik alih media maupun penyelamatan terhadap naskah-naskah yang masih ada dimasyarakat. Upaya penyelamatan akan terus dilakukan sampaikapan pun.

102 Dilihat

TINGGALKAN KOMENTAR

Syarat Bebas Pustaka