Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
SEKILAS INFO
: - Thursday, 16-07-2020
  • 1 minggu yang lalu / Kami mengucapkan : SELAMAT HARI PUSTAKAWAN INDONESIA yang Ke-47, Sukses Selalu
  • 2 bulan yang lalu / Pengurusan SKBP (Surat Keterangan Bebas Pustaka) dapat dilakukan secara online, silakan klik banner bagian bawah untuk mendapat info lebih lanjut
Perpustakaan  Siapkan Layanan Pengurusan SKBP Online

PERPUSTAKAAN — Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau saat ini sudah menyiapkan Layanan Pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP) Online. Perpustakaan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau secara terus menerus melakukan inovasi pembaharuan terhadap layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi kepada pengguna.

Perpustakaan Perguruan Tinggi (PT) sebagaimana terdapat pada Pasal 4 ayat (3) Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Perpustakaan perguruan tinggi mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagaimana kita ketahu bersama bahwa saat ini sebagian besar dunia dihadapkan dengan virus corona, sehingga semua kegiatan dikendalikan dari rumah, tidak hanya kerja ibadah dan pendidikan pun dilaksanakan dari rumah. Pemerintah Indonesia memberlakukan PSBB sebagai langkah percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut. STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau sejak tanggal 20 Maret 2020 memberlakukan kerja dan kuliah dari rumah dengan menggunakan sistem online.

Kerja dan kuliah dari rumah pertama ditetapkan dari tanggal 20 hingga 31 Maret 2020, namun penyebaran virus masih terus berlangsung kemudian diperpanjang hingga 3 Mei 2020. Diharapkan sampai waktu yang ditetapkan tidak ada lagi penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Sebagai antisipasi bila penyebaran virus berkepanjangan Perpustakaan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menyiapkan layanan pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka secara Online, caranya sangat mudah kepada mahasiswa tingkat akhir yang akan mengikuti sidang skripsi/ wisuda tahun 2020 yang membutuhkan SKBP bisa mengurus dari rumah melalui laman yang sudah disiapkan.

Kunjungi Website Perpustakaan

Setelah anda (mahasiswa) mengunjungi website perpustakaan dengan alamat www.library.stainkepri.ac.id , pada  bagian atas terdapat  menu : Home, Informasi, Hubungi dan Login. Untuk melakukan pengusulan anda harus login terlebih dahulu, syarat untuk login harus punya user dan password.

Untuk mendapat user dan password anda bisa menghubungi admin dengan mengklik menu “Hubungi”, anda akan diminta mengirim data dari, data tersebut untuk dicocokan dengan data yang dikeluarkan akdemik. bila daftar anda sesuai maka anda akan dikirim user dan pass login.

Setelah anda login anda akan melihat informasi berupa petunjuk pengusulan SKBP dan menu bagian atas > Home, Informasi, Download, Hubungi, dan Logout. Pada menu informasi terdapat submenu Panduan, Form Usulan, Daftar Usulan. Pada menu Download terdapat submenu cth Surat Permohonan dan Formulir, Pada menu Hubungi terdapat submenu Operator 1 dan Operator 2 yang bisa dihubungi dan siap membantu anda. sedangkan Logout untuk keluar dari laman tersebut.

Anda diminta mengikuti langkah-langkah yang tertera pada petunjuk, bila anda sudah melakukan pengiriman berkas melalui form usulan, daftar diri anda bisa dilihat pada daftar usulan pada daftar tersebut anda bisa download/print bukti pendaftaran, dan bisa pantau status permohonan anda yang awalnya usulan > proses dan selesai, beserta nama operator yang meangani berkas anda.

Bila tahun lalu mahasiswa masih membawa berkas usulan kepetugas, tahun ini cukup menunjuk bukti registrasi dari Hp masing-masing dan membawa buku yang akan disumbangkan sesuai dengan data yang sudah dikirim. Karena pengurusan SKBP salah satu syaratnya menyerahkan sumbangan wajib berupa buku, bila tidak SKBP bisa diprint dari rumah masing-masing.

Pada tahun 2019 petugas memasukan ID Anggota untuk print di tahun ini tinggal tekan tombol print maka surat keluar, hal itu dikarenakan SKBP akan disiapkan secara otomatis oleh sistem seperti pada tahun 2019, jadi operator cuma melakukan validasi data saja.

Diharapkan layanan tersebut bisa mempermudah mahasiswa yang akan mengurus dan petugas yang menangani pengurusan SKBP  di tahun ini dan masa mendatang. 

234 Dilihat

TINGGALKAN KOMENTAR

STATISTIK KUNJUNGAN

Flag Counter

SKBP-ONLINE

WhatsApp chat