Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
SEKILAS INFO
: - Tuesday, 18-05-2021
  • 6 hari yang lalu / KAMI Keluarga Besar Perpustakaan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Mengucapkan Selamat  Hari Raya Idul Fitri, 1442 H/ 2021 M | Minal Aid’n Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin…
Mendampingi Tim dari Perpustakaan Nasional Ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri

TANJUNGPINANG — Tim Perpustakaan Nasional berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka melakukan Pendaftaran, Verifikasi dan Penghargaan terhadap Naskah Kuno yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Tim tersebut beranggota 4 orang, yaitu Ahmad Budi Wahyono (Pustakawan Ahli Muda), Indah Purwani (Pustakawan Ahli Madya), Haniatur Rosyidah (Pustakawan Ahli Pertama), Yosua Victor (Pustakawan Ahli Pertama), yang sampai di Tanjungpinang Senin, 5 April 2021 dan kembali lagi ke Jakarta Jumat 09 April 2021.

Setiba di Tanjungpinang, Tim langsung Ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau yang beralamar di Jl. Basuki Rahmat, pada hari itu para Eslon III dan IV Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau sedang mengikuti Musrenbang di Batam, namun kami ( Unyil, Kepala Perpustakaan STAIN sultan Abdurrahman Kepulauan Riau dan Santi Puji Astuti, Bidang Layanan Teknis, Pengembangan dan Kerjasama) bersama Tim Perpusnas di ajak keliling dan masuki beberapa ruangan untuk melihat koleksi yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau yang di Pandu dari bagian layanan.

Tim dari Perpustakaan Nasional akan mengunjungi beberapa tempat yang memiliki Naskah Kuno, Terutama di Pulau Penyengat. Karena kita tahu di Pulau Penyengatlah tempatnya para penulis kala itu tinggal dan banyak buah pikir para cendikiawan dan kalangan kerajaan yang menulis  dan menghasilkan berbagai tulisan yang kita sebut itu adalah Naskah Kuno.

Ahmad Budi Wahyono, Mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa Provinsi, Selain di Provinsi Kepulauan Riau juga di lakukan di Provinsi  Jawa Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat. Nanti masing-masing Tim setelah pulang akan memberi nilai terhadap pengelola naskah dan yang terbaik akan di undang ke Jakarta.

Selain pulau penyengat Tim akan menelusuri ke berbagai tempat seperti Musium Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah dan lainnya. Diharapkan dengan melalui Tim Pendaftaran, Verifikasi dan Penghargaan Terhadap Naskah Kuno Nusantara ini  kedepannya Naskah-naskah yang ada bisa di perhatikan dan diselamatkan sehingga terjaga kelestariannya, selain itu tempat penyimpanan dan para pengelola baik lembaga maupun perorangan juga perlu di perhatikan oleh Negara dalam hal ini melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kepala Perpustakaan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Unyil mengatakan “Kami dari Perpustakaan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, mengucapkan selamat datang di Kepulauan Riau dan selamat bertugas kepada Tim Pendaftaran, Verifikasi dan Penghargaan terhadap Naskah Kuno Nusantara, Mas Budi bersama teman-teman, Kami minta maaf karena belum bisa mendampingi pada semua kegiatan yang dilakukan.



103 Dilihat

TINGGALKAN KOMENTAR

STATISTIK KUNJUNGAN

Flag Counter

SKBP-ONLINE

WhatsApp chat