Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
SEKILAS INFO
: - Sunday, 28-02-2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Bekerja
Munas APPTIS Ke-4 Dilaksanakan Secara Daring

ZOOM  — Musyawarah Nasional (Munas) APPTIS ( Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam) ke-4 dilaksanakan secara daring, Senin (21/12/2020).

Terselengaranya Munas ini, APPTIS bekerjasama dengan Pusat Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, dihadiri oleh 102 orang peserta. Pelaksana Munas berjalan dengan lancar, setelah dibacakan tata tertib Munas Peserta mendengar laporan pertanggungjawaban dari Ketua APPTIS Periode 2017-2020, kemudian dilanjut dengan pemilihan Ketua APPTIS Periode 2020- 2023, setelah terpilih ketua terpilih memberi pidato.

Pemilihan Ketua APPTIS periode 2020-2023 dilaksanakan  secara terbuka, Pertama dilakukan penjaringan bakal calon yang dilaksanakan  pada hari Sabtu s.d Minggu tanggal 19 s,d 20 Desember 2020 melalui surat edaran dari APPTIS Nomor 027/K/APPTIS/12/2020 melalui Gform, sebanyak 58 Anggota APPTIS dari 58 PTKIN.

Dari penjaringan tersebut diambil 6 orang suara terbanyak untuk dipilih pada saat Munas berlangsung pada tanggal 21 Desember 2020. 6 orang tersebut adalah Dra. Labibah Zain, M. LIS (Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Amrullah Hasbana, S.Ag, SS,MA (Kepala Perpustakaan UIN Jakarta),  Mufid. (Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Wiji Suwarno, (Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga), Aris Nurohman, (Kepala Perpustakaan IAIN Purwokerto), Zulfitri, S.Ag. MA ( Kepala Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang).

6 orang calon yang terpilih dari penjaringan dipilh kembali oleh peserta Munas yang mempunya hak pilih, dari 34 pemilih telah memberi suaranya. Dari pemilihan tersebut terpilih Ketua APPTIS periode 2020-2023 Dra. Labibah Zain, M.LIS dengan peroleh 50 % suara. 

Selamat kepada Dra. Labibah Zain, M.LIS,  Beliau adalah Ketua APPTIS Periode sebelumnya dan dipilih kembali untuk melanjutkan apa yang sudah di agendakan bersama. Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) adalah sebuah asosiasi yang keberadaannya mewadahi kerjasama dan pembinaan perpustakaan dan pustakawanan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Bawah Kementerian Agama Republik Indonesi. Sa;lah satu tujuan APPTIS adalah untuk pengembangan perpustakaan dan pustakawanan dengan memberikan kesempatan bagi kepala perpustakaan dan pustakwan untuk terlibat dalam kepengurusan APPTIS.

 


Prof Dr. Mujiburrahman, MA. Rektor UIN Antasari Banjarmasin dalam sambutannya mengapresiasi terhadap kiprah dan prestasi APPTIS selama ini. Beliau berharap APPTIS bisa menjalankan perannya lebih baik, dan perpustakaan PTKIN kedepan diharapkan mengelola hasil belajar/materi ajar yang diberikan dosen dalam perkuliahan untuk di jadikan salah satu sumber informasi sehingga materi tersebut bisa ditelusuri kembali dan mudah ditemui melalui laman perpustakaan. 

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris jenderal Kementrian Agama, Prof. Dr. Nizar Ali, MA. Beliau mengapresiasi dan  penghargaan kepada APPTIS  seluruh pustakawan dan perpustakaan untuk tetap berkiprah secara aktif di masa pandemi dan menjadi bagian integral sehingga peran dan fungsi perpustakaan perguruan tinggi dalam mununjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi benar-benar terlaksana dengan baik.

Pada kesepatan Munas APPTIS juga meluncurkan sebuah buku dengan judul “Kreatif atau Mati”  buku tersebut berisi inovasi dan kreativitas Pustakawan PTKIN dalam memberi layanan perpustakaan di masa Covid-19 melanda penjuru dunia.

Yang tidak kalah pentingnya APPTIS kini memiliki Mars APPTIS, Mars tersebut adalah buah karya Zian, putra dari Kepala Perpustakaan IAIN Kudus,  Ibu Anisa Listiana. 


Lihat Lainnya : APPTIS :: Musyawarah Nasional Ke-4

61 Dilihat

TINGGALKAN KOMENTAR

STATISTIK KUNJUNGAN

Flag Counter

SKBP-ONLINE

WhatsApp chat