Top

Bersinergi Bicara Soal Melayu Kepulauan Riau

Bersinergi Bicara  Soal Melayu Kepulauan Riau

BINTAN -- Kepala perpustakaan, Unyil beserta dua orang anggota, Santi Puji Astuti dan Firdya Devanti Yasmine menghadiri acara rapat rencana kegiatan Pusat Studi Melayu (PSM) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Kegiatan berlangsung di Balai Titah di Lantai 1 Kampus STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau yang beralamat di Jl. Lintas Barat KM. 19 Toapaya-Bintan, Jumat  05/02/2021.

Rapat yang diselenggarakan oleh PSM tersebut selain perpustakaan dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ,Doni Septian beserta sekretaris, Rami Aqmal. Sedangkan dari Pusat Studi Melayu sendiri, Kepala PSM  Firdaus dan sekretaris Syukri Ernayati Nurintan Sahri Sinaga.

Pusat Studi Melayu STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau dikukuhkan pada 19 Januari 2021 oleh Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Dr. Muhammad Faisal, M.Ag. STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau adalah kampus Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri pertama dan satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau. Kampus yang ber visi Unggul, Keislaman, dan Kemelayuan saat ini dalam proses menuju IAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

Sinergi antara Pusat Studi Melayu, P3M, dan perpustakaan ini langkah awal. Kita masing-masing punya tupoksi dalam mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi orentasi kegiatan tentu kita mengacu pada visinya kampus. Intinya kita bermain di panggung yang sama dengan  peran berbeda tapi kita senada sebagaimana tema yang kita selenggarakan, terang Kepala perpustakaan.

Unyil menambahkan, Perpustakaan dalam kesempatan lain sudah menyampaikan bahwasanya kedepan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan menjadi pusat kajian dunia. Hal yang paling mendasar membuat perpustakaan mengarah ke Perpustakaan berbasis riset. Sekarangkan  sudah ada PSM yang akan merumuskan bagaimana setiap pergerakan kampus dimuat dengan nilai-nilai kemelayuan, P3M setiap tahun punya kegiatan penelitian dan pengabdian jadi bila setiap tahun ada dosen-dosen STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melakukan penelitian terkait kemelayuan terutama kajian berkenaan dengan naskah kuno/ manuskrip dan hasilnya di serahkan keperpustakaan kan luar biasa. Hasil kajian tersebut akan menjadi bahan rujukan bagi peneliti yang akan melakukan penelitian berikutnya, bila ini terlaksana hari ini kita meneliti kemana-mana kedepan orang yang datang melakukan penelitian di kita.

Kepala Pusat Studi Melayu menerangkan bahwasanya PSM lahir dari visi kampus yang digagas oleh Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Dr. Muhamaad Faisal, M.Ag. Dengan adanya PSM diharapkan  dalam merealisasikan visi terkait kemelayuan cepat terlaksana. PSM sendiri saat ini berada di bawah P3M, dalam rangka percepatan tersebut kita bersinergi dengan berbagai pihak diantarnya perpustakaan,P3M dan lainya karena perpustakaanlah nanti yang akan menghimpun hasil-hasil kajian dan dipublikasi kembali terutama hasil kajian naskah-naskah melayu yang dilakukan oleh dosen melalui penelitian yang di selenggarakan oleh P3M.

Hal yang senada disampaikan kepala P3M, pada perinsipnya kegiatan kita untuk menyelaraskan program bersama. Ide-ide yang muncul akan kita canangkan kedepan terutama riset tentang kemelayuan karena itu berkenaan dengan visi kampus kita. Langkah ini merupakan salah satu langkah konkrit dalam mewujudkan visi kampus kita kedepan dan bila semua terealisasi tentu akan menyedot perhatian semua orang bila STAIN Sultan Abdurrahmanan Kepulauan Riau menjadi pusat kajian dan peradaban kemelayuan dengan demikian orang luar akan datang untuk belajar tentang kemelayuan.

Dari pertemuan antara PSM, P3M, dan Perpustakaan ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat antaranya berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau; Menerapkan kembali nilai-nilai melayu dalam aktivitas kampus, seperti membei salam saat bertemu atau perantara alat komunikasi, menundukkan badan saat lewat depan orang lebih tua, dan seterusnya; dan ada beberapa kegiatan laiinnya yang sudah dirangkum oleh Pusat Studi Melayu yang akan dituang dalam program kerja baik jangka pendek, menengah maupun panjang.

Semantap apaun program kerja dan sehebat apapun yang memimpin bila tidak didukung oleh semua pihak dan anggaran yang cukup juga tidak akan terlaksana dengan baik, untuk itu mari kita bersama-sama melangkah karena kebersamaan akan menguat satu sama lain.

MITRA :

Hubungi Kami!

+62 812 7019 0309